Selasa, 03 Agustus 2010

HASIL PENELITIAN

Zainuddin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang 2010

EFEKTIVITAS KANTOR DESA
DALAM UPAYA MENINGKATAKAN
PELAYANAN PUBLIK


Dosen Pembimbing Utama : Drs. Sugeng Rusmiwari., M.Si
Dosen Pembimbing Pendamping : Willy Tri H., S.Sos., M.Si

ABRAKSI
Keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik sebagian besar ditentukan oleh mental aparat pemberi layanan (pemerintah). Oleh karena itu komitmen UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik untuk memberikan sanksi terhadap pemberi layanan yang menyalahgunakan jabatan, fungsi dan wewenang sangat diharapkan penegakannya untuk tercapainnya Public Reform yang sesungguhnya demi tercapainya cita-cita luhur bangsa, negeri Indonesia raya, kemakmuran, keadilan dan kesejahteraan. Sejalan dengan upaya meningkatkan pelayanan publik adalah perlu dipahaminya penyelenggaraan pelayanan publik. Atas dasar pemikiran tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang efektivitas kantor desa Genengan Pakisaji Malang dalam memberikan Pelayanan Publik terhadap masyarakatnya.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Efektivitas Kantor Desa dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik di kantor Desa Genengan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dari responden menggunakan teknik Strafied Random Sampling (SRS), digunakannya teknik SRS karena populasi tidak homogen. Pengambilan sampel sebanyak 20 responden.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Efektivitas Kantor Desa. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pelayanan publik. Analisis data dilakukan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi.
Dari analisis data tentang efektivitas kantor desa Genengan Pakisaji Malang yang diteliti dikatagorikan efektif. Hal tersebut diukur dari indikator (kemampuan, memilih tujuan, memanfaatkan sarana dan prasarana, mencapai tujuan, tepat dan cepat, berhasil atau gagal) dengan nilai rata dan presentasenya 65%. Sedangkan pelayanan publik Kantor Desa Genengan Pakisaji Malang dari analisis data dalam penelitian ini dikatagorikan kurang maksimal dan perlu ditingkatkan lagi untuk lebih baik. Hal tersebut diukur dari indikator (perbuatan, tindakan atau kegiatan, pemerintah, mengurus/ memenuhi, keperluan, masyarakat/ khalayak umum, instansi, aturan pokok dan tata cara, penyelenggara) dengan nilai rata-rata dan prosentase 45%.

Tidak ada komentar: